Ciri
dan Jenis Garansi Resmi Blackberry (BB) RIM di Indonesia
Membeli Unit Blackberry baru
hampir setiap orang bisa melakukannya asal memiliki dana
yang cukup,.. datang ke Counter Hp, Tanya ini itu, Pilih model…
transaksi …. beres. Apakah memang demikian ? Ya, jika anda ingin
praktis. tapi sebenarnya ada yang harus diperhatikan jika anda
tidak ingin Blackberry anda berpotensi bermasalah dikemudian hari .
Yaitu anda harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
PIN dijamin aman tidak
suspended di kemudian hari, Unit dan aksesoris seperti Baterai,
charger, handset asli / original , Unit BB dijamin berfungsi
normal 100%, Penggantian Unit baru jika Unit rusak bukan kesalahan
pemakaian selama masa Garansi, Memilih Distributor resmi yang
memiliki tempat service memuaskan dan tersedia spare partnya
dan kalau bisa tentunya harganyapun bersahabat.
Nah… untuk mendapatkan hal diatas
paling mudah membeli BB dari operator ponsel yang bekerja sama dengan RIM
seperti Telkomsel, XL, Indosat, Axis atau Smart tapi jika anda tidak ingin
demikian perhatikan hal berikut saat membeli BB di toko / counter ponsel :
1. Pilihlah penjual yang berani
bertanggung jawab saat anda bertanya :” PIN aman kan? dan Semua aksesoris
original? jika tidak saya kembalikan yang tidak original (terutama
batre)” ? jika penjual berani menjamin belilah… jika tidak cari toko/
counter lain masih banyak kok.
Dari pengalaman saya dan berbagai
informasi yang saya dapatkan, yang paling sering ditukar dari unit lengkap
Blackberry adalah : BATERAI, Penukaran baterai oleh penjual bisa terjadi pada
BB dari Distributor resmi maupun nggak resmi , Plastik pembungkus
Dus Blackberry ini bisa disobek batre diganti dan dibungkus plastik baru
lagi, yang paling gampang untuk mengetahui baterai asli dari Distributor
atau sudah ditukar oleh penjual, Perhatikan adanya sticker dari Distributor
yang ditempel pada Baterai. Jika TAM ya sticker TAM, Jika SS ya sticker SS
dst..
Jika baterai tidak ada sticker minta
garansi baterai dari penjual jika penjual tidak mau menukarnya dengan
baterai bersticker Distributor.
2. Pilih Distributor resmi yang
dipercaya. Pada umumnya hampir semua penjual BB menawarkan pilihan
garansi : TAM, SS, Comtech/Trikomsel, Berryndo, Bless atau Garansi toko.
Mana yang terbaik? Menurut saya yang terbaik adalah yang memberikan
Garansi sesuai/ mendekati standard RIM atau paling tidak
pilih Distributor yang tidak banyak mendapat komplain di surat
kabar maupun di internet karena salah satu Distributor resmi Blackberry
ditenggarai sering mendapat komplain dari user yang mengalami masalah
pada Blackberrynya tapi tidak menggubrisnya anda akan kecewa berat jika
mengalaminya. untuk mengetahuinya bisa baca di Surat Pembaca harian manual /
digital Kompas atau Detik.com
3. Coba tes semua fungsi unit BB
saat anda membeli terutama seperti : Tes charger, Tes otomatis lampu keyboard
nyala saat sensor cahaya di atas kanan layar ditutup, tes bicara
ditelpon/ menelpon, tes tombol keyboard semua tombol yang ada pada unit anda
tekan dan tes fungsinya , tes BB untuk foto, tes Handsfree dan Bluetooth
4. Lihat PIN dan IMEI BB pada
box BB, Cocokkan PIN dan IMEI unit BB dengan Dus dan kartu garansi
harus sama, serta Vendor ID untuk mengetahui dari operator atau
Distributor mana vendor berasal. Untuk mengetahuinya tekan tombol
keyboard BB secara bersamaan yaitu tombol : Alt + Shift (aA) dan H maka
akan terlihat PIN, IMEI , App. Version, Plattform dan Vendor ID.
Vendor ID :
186 Telkomsel
240 Indosat
308 XL Indonesia
327 Axis
352 3-Indonesia
613 TAM
240 Indosat
308 XL Indonesia
327 Axis
352 3-Indonesia
613 TAM
Adapun Ciri dan Jenis Garansi resmi maupun yang tidak resmi Blackberry di Indonesia adalah sebagai berikut : Garansi Resmi RIM ( Garansi RIM Operator dan Garansi RIM Distributor ), Garansi Distributor Non RIM dan Garansi Toko.
1. Garansi Resmi RIM
Blackberrry dikatakan
mempunyai Garansi Resmi jika Blackberry tersebut mendapat
garansi yang diberikan oleh Research in Motion / RIM (selaku pemilik dan
operator Blackberry diseluruh dunia), Di Indonesia RIM memberikan
hak Garansi resmi kepada Operator ponsel
di Indonesia seperti Telkomsel, Axis, XL , Indosat dan
Smart dan Distributor yang bekerja sama dengan
Brightpoint selaku Distributor Global Blackberry yaitu Teletama
Artha Mandiri / TAM, Seluler Media Infotama / Selluler Shop dan PT.
Comtech / Trikomsel Dari Operator dan Distributor inilah Blacberry
baru bisa dikatakan bergaransi Resmi dari RIM karena
ketentuan standard garansi Internasional RIM seperti
penggantian unit baru bisa diberikan jika Unit BB baru yang diberikan
PIN mengalami Suspended atau rusak karena factor dari Pabrik. Jadi
pemegang Garansi resmi Blackberry / BB dari RIM
di Indonesia dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:
- Garansi RIM Operator : Telkomsel, Axis, XL , Tree, Indosat dan Smart
- Garansi RIM Distributor : TAM, SS (Seluler Shop) dan Comtech (CTN / Trikomsel)
penjelasan tentang Garansi
Resmi Blacberry dari RIM ini dapat dipertanggung
jawabkan karena dirilis secara resmi di website Blackberry Indonesia
yaitu di (http://id.blackberry.com/bec/location.jsp). Sehingga jika ada penjual ponsel Blackberry
menginformasikan yang berbeda anda dapat mengoreksinya.
Perbedaan Ponsel BB Garansi Resmi
RIM Operator dan Garansi RIM Distributor
adalah:
- Ponsel BB garansi RIM operator penggunaannya dibatasi hanya satu operator / SIM card saja sehingga tidak dapat dipakai oleh operator lain kecuali sudah di unlock. Sedangkan Ponsel BB Garansi RIM Distributor bisa langsung dipakai oleh berbagai jenis operator ponsel seperti Telkomsel, Axis, XL , Indosat , Tree atau Smart
- Ponsel BB garansi RIM operator hanya memiliki beberapa type ponsel BB tertentu saja tidak semua type dan biasanya jika ada model baru harus indent terlebih dahulu sedangkan untuk Garansi RIM Distributor semua type ponsel BB tersedia dan biasanya tidak perlu indent.
- Ponsel BB garansi RIM operator terdapat Logo operator pada Saat loading ponsel , logo operator pada body BB dan logo operator di kartu garansi sedangkan sedangkan untuk Garansi RIM Distributor logo Distibutor hanya terdapat di box, body dan kartu garansi saja.
- Ponsel BB garansi RIM operator jika rusak / bermasalah biasanya diganti baru karena lebih efektif, efisien dan membawa nama baik operator sedangkan ponsel Garansi RIM Distributor jika rusak biasanya diperbaiki jarang sekali yang diganti baru mesikpun ada juga Distibutor RIM yang mengganti unit baru tapi jarang sekali paling sering adalah diperbaiki / diservice oleh Service center Distributor ybs
- Ponsel BB garansi RIM operator relatif lebih mahal dari Garansi RIM Distributor
Sedangkan persamaannya adalah :
Garansi PIN seumur hidup
mencakup spare part dan service, aksesoris original, Box ponsel
BB terdapat logo operator atau Distributor Resmi RIM ybs
beserta ijin dari DirJenPosTel/ DJPT , Biasanya harganya relative lebih mahal
dari garansi non Rim dan Garansi Toko, Lama Garansi Resmi Blacberry
dari RIM ini adalah 2 tahun info disini
2. Garansi
Distributor
Garansi Distributor diberikan oleh Distributor yang memasukkan Blackberry ke
Indonesia dan mempunyai ijin resmi dari Deparpostel untuk
distribusi BB di Indonesia . Ketentuan garansi Internasional / standard RIM
tidak berlaku untuk garansi distributor meskipun dijual resmi
di Indonesia. Di Indonesia pemegang Garansi Distributor tidak
resmi dari RIM dan memberikan garansi 2 tahun juga adalah
Berrindo, Bless, Royal, BBM dll.
Blackberry garansi Non RIM
tidak selalu jelek bahkan kadang –kadang kalo beruntung mendapat
unit yang dibuat dari Canada dengan IMEI 7 dan 8 adalah 04 yaitu
Negara pembuat Blacberry qualitas terbaik di dunia meskipun batrenya loyo
(diganti sama distributor kali) , untuk mengetahui Negara asal pembuat BB
perlu dilakukan sedikit trik yaitu :
Ketik *#06# maka akan muncul IMEI 15
digit contoh : 123456 . 04. 1234567 maka digit ke 7 dan 8 yaitu 04
artinya adalah :
-
04 buatan Canada
-
00 buatan Finlandia
-
03 buatan Perancis / Canada
-
08 atau 80 buatan Jerman
-
02 atau 20 buatan asia
- 05 buatan Mexico
Garansi Distributor biasanya
harganya lebih murah dari Garansi resmi RIM dan jika unit mengalami
kerusakan jarang yang mendapat penggantian baru paling sering adalah
perbaikan. Ciri lain yang paling sering terjadi adalah Batre baru
tidak dijamin original meskipun ada juga yang mendapat batre original, dan
garansi jelas bukan dari RIM tapi dari Distributor yang bersangkutan akan
tetapui lamanya garansi sama dengan garansi resmi RIM yaitu 2 tahun .
2. Garansi Toko
Blackberry baru Garansi Toko
biasanya hanya berani memberikan garansi PIN aman dan Unit tidak
rusak paling lama 1 bulan, akan tetapi harganya paling murah dibanding
dengan garansi lainnya, ciri khas Blackberry garansi toko bisanya adalah
: Box dengan logo operator luarnegeri : Verizon, AT&tT dll atau tanpa
Logo , BOX tidak rapi dan cetakan jelek. Asesoris seperti Charger dan Batre 80%
adalah tidak original.
Apapun pilihan Anda, semua ada kurang dan lebihnya. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Teliti sebelum membeli. Jangan sampai tertipu. Semoga membantu :-)
#sumber : di sebuah blog tapi entah dimana alamatnya lupa ^.^v
Apapun pilihan Anda, semua ada kurang dan lebihnya. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Teliti sebelum membeli. Jangan sampai tertipu. Semoga membantu :-)
#sumber : di sebuah blog tapi entah dimana alamatnya lupa ^.^v

0 komentar:
Posting Komentar